Kamis, 06 Oktober 2011

Tugas 1 Softskill

▲ Tugas 1

♥ Pengertian organisasi dan manajemen :
♫ Organisasi (Yunani: ὄργανον, organon - alat) adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah unt tujuan bersama.
Dalam ilmu-ilmu sosial, organisasi dipelajari dari berbagai bidang ilmu, terutama sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi, dan manajemen .
♫ Kata Manajemen → berasal dari bahasa Prancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Kata manajemen mungkin berasal dari bahasa Italia (1561) maneggiare yang berarti “mengendalikan,” Bahasa Prancis lalu mengadopsi kata ini dari bahasa Inggris menjadi ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur.

♥ Fungsi manajemen ► elemendasar yang melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.

► Fungsi manajemen menurut George Terry :
Planning (Perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Actuating (Pelaksanaan), Controlling (Pengendalian).

► Fungsi manajemen menurut Henry Foyal : 
 * Planning
Planning atau perencanaan ► pemilihan atau penetapan tujuan organisasi dan penentuan strategi kebijaksanaan proyek program prosedur metode sistem anggaran dan standar yg dibutuhkan untuk mencapai tujuan.
* Organizing
Organizing atau pengorganisasian ini meliputi:
  1. Penentuan sumber daya dan kegiatan yg dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi.
  2. Perancangan dan pengembangan suatu kelompok kerja yg akan dapat membawa hal-hal tersebut ke arah tujuan.
  3. Penugasan tanggung jawab tertentu.
* Staffing
Staffing atau penyusunan personalia ► penarikan (recruitment) latihan dan pengembangan serta penempatan dan pemberian orientasi pada karyawan dalam lingkungan kerja yg menguntungkan dan produktif.
* Leading
Leading atau fungsi pengarahan ► bagaimana mendapatkan para karyawan melakukan apa yg diinginkan dan harus mereka lakukan.
* Controlling
Controlling atau pengawasan ► penemuan dan penerapan cara dan alat untuk menjamin rencana telah dilaksanakan sesuai dengan yg telah ditetapkan.
 
► Fungsi manajemen menurut Luther Gullick :
a. Planning (Perencanaan)
b. Organizing (Pengorganisasian)
c. Staffing (Penyusunan Pegawai)
d. Directing (Pembinaan Kerja)
e. Coordinating (Pengkoordinasian)
f. Reporting (Pelaporan)
g. Budgeting (Anggaran)

► Fungsi manajemen menurut Ernest Dale :
Planning (Perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Staffing (Penyusunan Personalia), Directing (Perintah), Innovating (Inovasi), Representing dan Controlling (Pengendalian)

Gambarkan bagan struktur organisasi .

Piramid 













Vertikal










 
Horizontal 









 












Tidak ada komentar:

Posting Komentar